Breaking News

Rabu, 16 Februari 2022

MEMBUAT PROJECT DI ASSEMBLR STUDIO

Selamat berjumpa lagi sahabat pembelajar semua.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara membuat project di assemblr studio. Project yang akan kita buat nanti bisa kita gunakan untuk kegiatan pembelajaran di kelas. Selain itu project yang kita buat ini juga bisa kita point kan di ACE. Semakin banyak point yang kita kumpulkan maka, level kita juga akan semakin naik. Tentu saja akan semakin banyak fasilitas yang akan kita dapatkan, seperti up grade akun dari free plan menjadi individual plan. Dengan akun individual plan ini kita bisa mengakses lebih banyak lagi aset yang ada di assemblr studio.
Okey teman-teman, langsung saja kita mulai ya.... Project yang kita buat nantinya seperti ini.


Project ini saya beri nama Binatang Peliharaan. Project ini bisa digunakan untuk kegiatan pembelajaran di jenjang TK atau SD kelas bawah. Melalui media ini, anak-anak kita perkenalkan dengan beberapa contoh binatang peliharaan yang ada disekitar. Setelah itu, anak juga diminta menyebutkan contoh makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Selain itu kita bisa juga memperkenalkan matematika dengan cara meminta siswa menyebutkan jumlah binatang yang ada. Ada berapa banyak bebek, ada berapa banyak sapai, binatang apa yang jumlahnya paling banyak. Berapa jumlah seluruh binatang yang ada, dan sebaginya.
Bagaimana cara membuat project ini, silahkan di simak baik-baik ya....
Langkah pertama adalah kita buka assemblr studio kita dengan menuliskan https://studio.assemblrworld.com kemudian tekan enter. Kita akan dibawa ke halaman muka assemblr studio, kemudian pilih tanda plus (+) dalam lingkaran biru. 

Untuk menambahkan halaman yang berupa rumput hijau, kita klik 3D Object kemudian pilih Vilage Landscape 1. Akan ditampilkan banyak pilihan, kita pilih Terrain 1, sahabat semua juga bisa memilih yang lain sesuai keinginan. Setelah diklik object yang pilih akan masuk ke area kerja seperti ini.
2. Kita atur posisi maupun ukuran sesuai keinginan kita. Untuk memperbesar ukuran kita klik Scale, kemudian kita klik dan tarik tanda persegi pada object, maka object akan membesar sesuai keinginan. Untuk mengger object kita klik Mover, kemudian kita geser object ke kiri, kana, atas, atau bawah sesuai selera.
3. Setelah lahan kita buat, selanjutnya kita masukan objek-object yang lain seperti binatang, tumbuhan, rumah, bebatuan dan lain-lain. Caranya sama seperti memasukan object pertama. Silahkan sahabat semua eksplor semua objek yang ada.
4. Setiap objek yang kita masukan kita atur ukurannya dengan scale, kita atur letaknya dengan move atau kita putar posisinya dengan tombol Rotate.
5. Jangan lupa setiap menambahkan atau mengatur object kita klik save untuk menyimpan project yang kita buat.
6. Silahkan sahabat semua untuk berkreasi dengan mengeksplor semua aset yang ada, baik aset 3D, image text, atau yang lainnya. 
7. Setelah project selesai kita buat selanjutnya kita publish, agar project bisa kita gunakan dan kita bagikan kepada siswa kita.
Baik sahabat semuanya, sementara ini dulu tulisan dari saya, tunggu tulisan berikutnya ya... Insya Alloh nanti kita akan bahas cara memasukan image, text, maupun video. 
Okey, sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog