Breaking News

Senin, 21 Februari 2022

MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS 3D DAN AR

Selamat berjumpa kembali sahabat pembelajar semua....
Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan tulisan yang kemarin yaitu membuat project di assemblr studio. Kali ini kita akan mencoba membuat media pembelajaran yang berbasis 3 Dimensi dan Augmented Reality. Sesuai dengan mata pelajaran yang saya ampu yaitu matematika, maka saya akan menyampaikan tentang media pembelajaran matematika. Namun demikian, langkah-langkah yang saya sampaikan nanti bisa dimodifikasi sesuai dengan mata pelajaran yang sahabat ampu di sekolah masing-masing.

Sebelumnya saya berikan gambaran sedikit mengenai media pembelajaran yang kita buat. Media ini teridir dari 5 scene atau 5 slide atau kalau boleh saya katakan 5 halaman. Scene 1 menampilkan gambar kubus dan balok serta beberapa deskripsi yang berkaitan kubus dan balok. Scene 2 menampilkan gambar jaring-jaring kubus yang disertai deskripsi rumus luas permukaan kubus.Scene 3 menampilkan gambar jaring-jaring balok yang disertai deskripsi rumus luas permukaan balok. Scene 4 menampilkan video pembelajaran yang berisi cara menyelesaikan soal menghitung luas permukaan kubus dan balok. Yang terakhir scene 5 berisi evaluasi, yang akan menampilkan soal evaluasi yang dibuat dari pihak ke tiga, dalam hal ini saya menggunakan quizizz. Berikut gambaran media yang akan kita buat. 


Baik sahabat semua, kita mulai dengan membuat scene 1. Untuk membuatnya seperti kemarin ya, kita buka studio.assemblrworld.com, terus pilih project lalu tambah (+) maka marker area akan terbuka.  Pada scene 1 berisi 3 object yaitu walls yang digunakan sebagai lantai, kemudian kubus, dan balok. Saya masukan juga sebuah image arrow ( tanda panah) serta empat buah text 3 Dimensi untuk memberi judul dan keterangan objek. Aset yang lain adalah empat buat text Annotation bentuk circle, yang saya gunakan untuk menyampaikan materi atau menjelaskan konsep. Annotation 1 menjelaskan pengertian kubus, annotation 2 menjelaskan karakteristik kubus, annotation 3 menjelaskan pengertian balok, dan annotation 4 menjelaskan karakteristik balok. Semua aset yang telah dimasukkan kita atur posisi, ukuran serta perputarannya sehingga nampak seperti pada gambar.

Untuk membuat scene 2 kita klik tanda + yang ada di bagian tengah bawah, sebelah scene 1. Untuk lantainya kita pilih object 3 Dimensi pilih wall (silahkan bisa pilih yang lain). Setelah masuk ke dalam lembar kerja atau marker area kita putar pada sumbu x, y, z . Pilih perputaran yang sesuai. untuk ukuran pilih scale untuk menyesuaikan. Untuk jaring-jaring kubusnya kita bisa membuatnya terlebih dahulu menggunakan Canva/Powerpoint atau yang lain. Simpan gambar dalam format jpg atau png. Setelah itu kita sisipkan kita masukan ke studi assemblr dengan cara pilih image, kemudian pilih upload, cari gambar yang telah kita buat. Di sini saya juga memasukan 3 Text 3 Dimensi utnuk judul dan untuk tombol, serta satu buah text Annotation untuk menjelaskan luas permukaan kubus. Untuk menghias tampilan, kita beri image berupa latar belakang.

Untuk scene 3 kita duplikasikan scene 2 dengan cara klik titik dua pada kotak scene yang ada dibagian bawah tengah, kemudian pilih duplikat. Untuk scene 4 dan 5 hampir sama, hanya saja untuk scene 4 saya hanya memasukkan wall sebagai lantai, kemudian saya sisipkan juga image dan pilih frame. Kemudian di dalam frame itu saya masukan video yang telah kita tautkan linknya. Cara memasukan video yaitu Klik Video, kemudian kita buka youtube dan kita kopi linknya. Link yang telah dikopi kita pastekan pada add video yang muncul setelah kita klik video.

Scene 5 terdiri diri dari lantai dan frame, didalam frame kita beri text 3 Deminsi yang kita beri nama soal evaluasi. Dari teks ini kita tautkan link soal yang sudah kita buat dari platform lain. Di sini saya menggunakan platform Quizizz. Cara manutkannya adalah kita aktifkan (klik) teks 3D terus klik Add Interaktivity, pada Jump Up kita pilih Open URL, pada target URL kita pastekan link soal yang telah kita buat, selanjutnya klik Aply.
Untuk hasil project selengkapnya bisa dilihat di bawah ini.
 



Demikian sahabat semua, semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit gambaran untuk berkreasi membuat media pembelajaran berbasis 3D dan AR. Tunggu tulisan berikutnya ya.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog