Breaking News

Minggu, 06 Maret 2022

MEMBUAT GAME EDUKASI DENGAN ASSEMBLR EDU

Selamat berjumpa kembali sahabat pembelajar semua....

Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan tulisan yang kemarin yaitu membuat game edukasi di assemblr studio. Kita akan membuat game pembelajaran yang berbasis 3 Dimensi dan Augmented Reality untuk mata pelajaran matematika. Materi yang akan disampaikan pada game pembelajaran matematika kali ini yaitu Mengurutkan Bilangan Bulat. Seperti biasanya, langkah-langkah yang saya sampaikan nanti bisa dimodifikasi sesuai dengan mata pelajaran yang sahabat ampu di sekolah masing-masing. Tampilan awal game yang akan kita yaitu seperti pada gambar berikut.
Rancangan game pembelajaran ini adalah sebagai berikut : 
Tujuan game ini adalah siswa dapat mengurutkan bilangan bulat yang disediakan dari yang terkecil ke yang terbesar. Teknis permainannya yaitu : Disediakan 4 bilangan bulat dengan urutan -5, 6, -10, dan 2. Kita tahu bahwa bilangan yang paling kecil adalah -10, sehingga jika siswa memilih -5, 6 atau 2, maka akan muncul tanda silang (X) yang menunjukkan bahwa jawaban tersebut salah. Jika siswa menjawab/memilih -10, maka angka -10 akan berpindah ke lingkaran pertama dan angka -10 pada baris bawah akan hilang.Posisi ini ada pada scene 2.
Untuk selanjutnya siswa memiliki 3 pilihan bilangan yaitu -5, 6, dan 2. Jika singga memilih angka 6 atau 2 maka akan muncul tanda silang (X) yang menunjukkan bahwa jawaban tersebut salah. Jika siswa menjawab/memilih -5, maka angka -5 akan berpindah ke lingkaran kedua dan angka -5 pada baris bawah akan hilang.Posisi ini ada pada scene 3.
Demikian seterusnya untuk scene 3 dan 4, jika pilihan salah akan muncul tanda silang dan jika pilihan benar akan berpindah ke lingkaran berikutnya. Akhirnya diharapkan siswa dapat mengurutkan bilangan bulat tersebut menjadi -10, -5, 2 dan 6. 
Bagaimana cara membuat game seperti itu, silahkan perhatikan gambaran scene yang dibuat pada game mengurutkan bilangan bulat ini.

.Gambar 1 merupakan posisi awal yang menampilkan semua aset yang diperlukan. Setelah semua aseet dibuat, selanjutnya kita duplikat menjadi empat scene. Masing-masing scene kita sesuaikan lagi dengan cara menghapus yang tidak diperlukan. Misalnya pada scene 1 kita hilangkan angka -5, 2, dan 6 pada lingkaran jawaban, sehingga menjadi gambar nomor 3, untuk scene 2 ditunjukkan pada gambar 4, untuk scene 3 ditunjukkan pada gambar 5, dan untuk scene 4 ditunjukkan pada gambar 6.
Project tentang mengurutkan bilangan bulat ini bisa dilihat pada tayangan berikut.



Demikian sahabat semua, gambaran game pembelajaran mengurutkan bilangan bulat, semoga bermanfaat dan bisa menjadi bahan refensi untuk kita semua. Terima kasih atas kunjungannya dan tunggu tulisan berikutnya.... Daahh.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog