Breaking News

Kamis, 05 September 2019

REVIEW KONTEN RUMAH BELAJAR

REVIEW KONTEN RUMAH BELAJAR

Oleh : Rosiman, S.Pd.
Unit Kerja : SMPN 1 Wanadadi

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview salah dua buah konten yang ada pada portal Rumah Belajar. Semoga review ini mampu memberikan gambaran tentang kanten yang ada di dalam portal Rumah Belajar. Harapan saya review ini bisa memberikan manfaat untuk kita bersama dan tentunya untuk perbaikan konten Rumah Belajar selanjutnya.


Review 1

Review yang pertama yaitu konten sumber belajar yang berjudul Pembagian Pecahan.



Konten dengan judul Pembagian Pecahan ini dapat dilihat pada tautan berikut : : https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampi1/Pembagian-pecahan--2016/story_html5.html
atau

Kelebihan Konten :

Pembagian Pecahan merupakan salah satu konten rumah belajar yang menyajikan cara membagi pecahan. Konten ini disajikan dengan secara simpel dan sederhana. Meskipun sederhana konten ini sangat membantu siswa khususnya siswa kelas 4 semester 1 untuk memahami materi.  Dalam menyampaikan materi diawali dari sebuah kasus yang sangat konstekstual sekali yaitu tentang pembagian piza. Kasus ini sangat dekat dengan anak, sehingga anak akan tertarik dan berpikir untuk dapat memecahkan masalah tersebut.


Konten ini juga sudah sesuai dengan indikatornya yaitu menyebutkan prosedur pecahan. Di dalamnya disajikan bagaimana cara membagi ½ piza menjadi dua bagian yang sama besar. Disajikan juga visualisasi potongan ½ pisa menjadi 2 bagian yang sama besar.

Pada bagian akhir materi disajikan latihan soal yang interaktif. Saya yakin anak akan menyukai latihan soal. Latihan soal soal disajikan dalam bentul puzzle dimana siswa tinggal memasangkan jawaban dengan soal.

Kekurangan Konten :

Meskipun konten ini cukup baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dilakukan perbaikan. Kekurangan dalam konten ini adalah tidak didukung dengan fasilitas audio ataupun musik yang mengiringi penyajian materi. Animasi yang ada hanya berupa tulisan. Pada latihan soal tidak ada tindak lanjut bagi yang telah menjawab semua dengan benar. Soal juga tidak diacak sehingga siswa bisa mengingat letak soal dan jawaban.

Saran dan masukan demi perbaikan adalah :

1.       Beri narasi untuk mengiringi animasi teks, sehingga selain membaca siswa juga bisa mendengarkan uraian materi.
2.      Tambahan iringan musik instrumentalia untuk memberikan kesan enjoy, sehingga siswa merasa nyaman dalam mengikuti pembahasan atau uraian materi.
3.      Tambahan soal dalam bentuk lain seperti isian singkat, tentu saja dipilih yang hasilnya bilangan bulat.
4.       Akan lebih baik lagi jika soal latihan yang diberikan bisa dilakukan pengacakan, sehingga pada saat anak mencoba lagi urutan soalnya sudah berbeda.

Tugas Review Konten Rumah Belajar VCT Bacth 5 Jateng dan DIY Kabupaten Banjarnegara yang dibuat dengan metode STT dan TTS. 

Berikut adalah link rekaman STT dan TTS yang telah dilakukan :


Semoga bermanfaat.




Review 2

Review yang kedua yaitu konten sumber belajar yang berjudul Belah Ketupat
.

Konten dengan judul Belah Ketupat ini dapat dilihat pada tautan berikut: 

atau

Kelebihan Konten :

Salah satu konten rumah belajar yang akan direview kali ini adalah belah ketupat. Konten ini menyajikan sifat-sifat belahketupat, keliling belah ketupat dan luas belah ketupat sesuai dengan indikator ketercapaiannya.  Dalam menyajikan materi disertai dengan gambar ilustrasi , uraian materi juga disertai dengan animasi dan contoh soal beserta jawabannya. Konten ini sangat sesuai untuk siswa SMP kelas VII.
Pada bagian akhir materi disajikan latihan soal dan tes untuk menguji penguasaan materi. Latihan soal disajikan dalam bentuk isian singkat sehingga siswa tidak bisa asal menebak. Di sini siswa dituntut untuk benar-benar menghitung untuk mendapatkan jawaban yang benar. Untuk soal tesnya disajikan dalam bentuk pilihan ganda yang disertai dengan pengacakan soal. Pada akhir soal akan ditampilkan nilai ketercapaian siswa. Siswa bisa langsung melihat hasil tesnya, jika belum puas dengan hasil ini siswa bisa mengulangi mengerjakan lagi namun dengan soal yang lain.

Kekurangnan :

Kekurangan yang ada dalam konten ini adalah tidak didukung dengan fasilitas audio ataupun musik yang mengiringi penyajian materi. Sebagian besar konten berupa teks yang hanya berupa tulisan dan gambar layaknya sebuah buku. Pada simulasi penjelasan yang diberikan masih kurang, yaitu hanya menggeser keempat segitiga menjadi sebuah belahketupat. Untuk tinggi segitiga hijau dan biru yang berbeda tentunya tidak akan terbentuk belahketupat. Hal ini bisa memudarkan konsep belahketupat dan layang-layang.
Pada sesi latihan soal siswa hanya diberi kesempatan 2 kali menjawab, sehingga untuk latihan bagi siswa belum memadai. Pada soal tes pilihan ganda, option jawaban soal belum sesuai dengan kaidah penulisan soal.

Saran dan Masukkan :

Saran dan masukan demi perbaikan adalah :
1.     Beri narasi untuk mengiringi animasi teks, sehingga selain membaca siswa juga bisa mendengarkan uraian materi.
2.      Tambahan iringan musik instrumentalia untuk memberikan kesan enjoy, sehingga siswa merasa nyaman dalam mengikuti pembahasan atau uraian materi.
3.       Animasi pada keliling belahketupat sebaiknya menggunakan warna yang lebih kontras atau ketebalan garisnya ditambah sehingga keliling bisa terlihat dengan jelas.
4.       Pada simulasi perlu ditambahkan panduan atau arahan agar siswa bisa menyimpulkan bahwa belahketupat akan terbentuk jika alas dan tinggi segitiga hijau dan biru memiliki ukuran yang sama.
5.       Pada latihan soal, beri kesempatan lebih banyak lagi bagi siswa untuk mencoba minimal siswa mencoba sebanyak 3 kali.
6.      Pada soal tes yang berbentuk pilihan ganda, untuk jawaban yang berupa angka sebaiknya option jawaban jangan dilakukan pengacakan.


Tugas Review Konten Rumah Belajar VCT Bacth 5 Jateng dan DIY Kabupaten Banjarnegara yang dibuat dengan metode STT dan TTS. 

Berikut adalah link rekaman STT dan TTS yang telah dilakukan :


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog