Oleh : Rosiman, S.Pd.
Unit Kerja : SMPN 1 Wanadadi
Pada kesempatan kali ini saya akan mereview salah dua buah konten yang ada pada portal Rumah Belajar. Semoga review ini mampu memberikan gambaran tentang kanten yang ada di dalam portal Rumah Belajar. Harapan saya review ini bisa memberikan manfaat untuk kita bersama dan tentunya untuk perbaikan konten Rumah Belajar selanjutnya.
Review 1
Review yang pertama yaitu konten sumber belajar yang berjudul Pembagian Pecahan.
Konten dengan judul Pembagian Pecahan ini dapat dilihat pada tautan berikut : : https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampi1/Pembagian-pecahan--2016/story_html5.html
atau
Kelebihan Konten :
Pembagian Pecahan
merupakan salah satu konten rumah belajar yang menyajikan cara membagi pecahan.
Konten ini disajikan dengan secara simpel dan sederhana. Meskipun sederhana
konten ini sangat membantu siswa khususnya siswa kelas 4 semester 1 untuk
memahami materi. Dalam menyampaikan
materi diawali dari sebuah kasus yang sangat konstekstual sekali yaitu tentang
pembagian piza. Kasus ini sangat dekat dengan anak, sehingga anak akan tertarik
dan berpikir untuk dapat memecahkan masalah tersebut.
Konten ini juga
sudah sesuai dengan indikatornya yaitu menyebutkan prosedur pecahan. Di
dalamnya disajikan bagaimana cara membagi ½ piza menjadi dua bagian yang sama
besar. Disajikan juga visualisasi potongan ½ pisa menjadi 2 bagian yang sama
besar.
Pada bagian akhir
materi disajikan latihan soal yang interaktif. Saya yakin anak akan menyukai
latihan soal. Latihan soal soal disajikan dalam bentul puzzle dimana siswa
tinggal memasangkan jawaban dengan soal.
Kekurangan Konten :
Meskipun konten
ini cukup baik, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu dilakukan
perbaikan. Kekurangan dalam konten ini adalah tidak didukung dengan fasilitas
audio ataupun musik yang mengiringi penyajian materi. Animasi yang ada hanya
berupa tulisan. Pada latihan soal tidak ada tindak lanjut bagi yang telah
menjawab semua dengan benar. Soal juga tidak diacak sehingga siswa bisa
mengingat letak soal dan jawaban.
Saran dan masukan
demi perbaikan adalah :
1. Beri
narasi untuk mengiringi animasi teks, sehingga selain membaca siswa juga bisa
mendengarkan uraian materi.
2. Tambahan
iringan musik instrumentalia untuk memberikan kesan enjoy, sehingga siswa
merasa nyaman dalam mengikuti pembahasan atau uraian materi.
3. Tambahan
soal dalam bentuk lain seperti isian singkat, tentu saja dipilih yang hasilnya
bilangan bulat.
4. Akan
lebih baik lagi jika soal latihan yang diberikan bisa dilakukan pengacakan,
sehingga pada saat anak mencoba lagi urutan soalnya sudah berbeda.
Tugas Review Konten Rumah Belajar VCT Bacth 5 Jateng dan DIY Kabupaten Banjarnegara yang dibuat dengan metode STT dan TTS.
Berikut adalah link rekaman STT dan TTS yang telah dilakukan :
Semoga bermanfaat.
Review 2
Review yang kedua yaitu konten sumber belajar yang berjudul Belah Ketupat
.
Konten dengan judul Belah Ketupat ini dapat dilihat pada tautan berikut:
atau
Kelebihan Konten :
Salah satu konten
rumah belajar yang akan direview kali ini adalah belah ketupat. Konten ini menyajikan
sifat-sifat belahketupat, keliling belah ketupat dan luas belah ketupat sesuai
dengan indikator ketercapaiannya. Dalam
menyajikan materi disertai dengan gambar ilustrasi , uraian materi juga disertai
dengan animasi dan contoh soal beserta jawabannya. Konten ini sangat sesuai
untuk siswa SMP kelas VII.
Pada bagian akhir
materi disajikan latihan soal dan tes untuk menguji penguasaan materi. Latihan
soal disajikan dalam bentuk isian singkat sehingga siswa tidak bisa asal
menebak. Di sini siswa dituntut untuk benar-benar menghitung untuk mendapatkan
jawaban yang benar. Untuk soal tesnya disajikan dalam bentuk pilihan ganda yang
disertai dengan pengacakan soal. Pada akhir soal akan ditampilkan nilai
ketercapaian siswa. Siswa bisa langsung melihat hasil tesnya, jika belum puas
dengan hasil ini siswa bisa mengulangi mengerjakan lagi namun dengan soal yang
lain.
Kekurangnan :
Kekurangan yang
ada dalam konten ini adalah tidak didukung dengan fasilitas audio ataupun musik
yang mengiringi penyajian materi. Sebagian besar konten berupa teks yang hanya
berupa tulisan dan gambar layaknya sebuah buku. Pada simulasi penjelasan yang
diberikan masih kurang, yaitu hanya menggeser keempat segitiga menjadi sebuah
belahketupat. Untuk tinggi segitiga hijau dan biru yang berbeda tentunya tidak
akan terbentuk belahketupat. Hal ini bisa memudarkan konsep belahketupat dan
layang-layang.
Pada sesi latihan
soal siswa hanya diberi kesempatan 2 kali menjawab, sehingga untuk latihan bagi
siswa belum memadai. Pada soal tes pilihan ganda, option jawaban soal belum
sesuai dengan kaidah penulisan soal.
Saran dan Masukkan :
Saran dan masukan
demi perbaikan adalah :
1. Beri
narasi untuk mengiringi animasi teks, sehingga selain membaca siswa juga bisa
mendengarkan uraian materi.
2. Tambahan
iringan musik instrumentalia untuk memberikan kesan enjoy, sehingga siswa
merasa nyaman dalam mengikuti pembahasan atau uraian materi.
3. Animasi
pada keliling belahketupat sebaiknya menggunakan warna yang lebih kontras atau
ketebalan garisnya ditambah sehingga keliling bisa terlihat dengan jelas.
4. Pada
simulasi perlu ditambahkan panduan atau arahan agar siswa bisa menyimpulkan
bahwa belahketupat akan terbentuk jika alas dan tinggi segitiga hijau dan biru
memiliki ukuran yang sama.
5. Pada
latihan soal, beri kesempatan lebih banyak lagi bagi siswa untuk mencoba
minimal siswa mencoba sebanyak 3 kali.
6. Pada
soal tes yang berbentuk pilihan ganda, untuk jawaban yang berupa angka sebaiknya
option jawaban jangan dilakukan pengacakan.
Tugas Review Konten Rumah Belajar VCT Bacth 5 Jateng dan DIY Kabupaten Banjarnegara yang dibuat dengan metode STT dan TTS.
Berikut adalah link rekaman STT dan TTS yang telah dilakukan :
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar