Breaking News

Sabtu, 14 Januari 2017

Peningkatan Kompetensi Pendidikdan Tantangannya.

Menurut Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pada pasal 39 ayat 2 disebutkan "Pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi".


ajang kreasi guru


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 10 ayat (1) menyatakan bahwaKompetensi guru sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi”

Kompetensi Sosial adalah kemampuan guru untuk berkomunikasi dan bergaul  secara efektif dengan peserta didik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Salah satu wadah untuk berkomukasi antara sesama pendidik adalah Ikatan Guru Indonesia (IGI). IkatanGuru Indonesia (IGI) merupakan organisasi profesi guru yang di sahkan oleh pemerintah pada tanggal 26 November 2009. Melalui wadah IGI, diharapkan para guru dapat mengubah dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada pihak lain dan sekaligus bersiap menjadi lokomotif penggerak perubahan bagi bangsa.

Salah satu indikator pada kompetensi profesional yaitu Memanfaatkan TIK untuk berkomunikasi dan mengembangakan diri. Untuk itu pendidik dituntut untuk bisa menguasai teknologi dan memanfaatkannya bagi pengembangan mutu pendidikan. IGI sebagai wadah pengembangan kompetensi turut ambil bagian. Berbagai kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru diantaranya adalah program satu guru satu blog atau sering disingkat SAGUSABLOG.

peningkatan kompetensi guru


Program SAGUSABLOG hampir diadakan di setiap wilayah propinsi bahkan untuk menjangkau seluruh wilayah di tanah air diselenggaran program pembelajaran On line.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog